Cara mengobati diare

Posted on in Illnesses with 0 Comments

iStock_000008198068_Medium

Apa itu diare? Apa penyebabnya? Dan bagaimana Anda bisa mencegahnya?

Apa diare?

Saat Anda sering buang air dalam bentuk cair itu tandanya ada mengalami diare. Meskipun diare seringkali tidak berbahaya, tapi  dapat menyebabkan dehidrasi, jadi  sebaiknya selalu hati-hati dan waspada sedini mungkin jika mengalaminya.

Apa yang menyebabkan diare?

Biasanya tubuh Anda bereaksi terhadap virus atau infeksi. Anda dapat tertular melalui makan atau minum yang telah terkontaminasi virus. Dapat juga terkena melalui sentuhan dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan kemudian anda tidak mencuci tangan.

Penyebab umum termasuk:

  • virus: seperti norovirus atau rotavirus
  • bakteri: seperti Campylobacter dan Escherichia coli (E. coli), biasanya dari makanan yang terkontaminasi
  • parasit: biasanya dari air yang terkontaminasi seperti Giardia, parasit yang menyebabkan giardiasis.

Hal yang paling penting yang harus diketahui tentang diare?

Dehidrasi adalah efek terparah dari diare. Ketika seseorang sakit diare, mereka dapat kehilangan cairan dan elektrolit dengan sangat cepat. Elektrolit adalah kandungan garam penting dalam tubuh seperti natrium, klorida, kalium dan bikarbonat.

3 tahap dehidrasi:

Tahap 1: dehidrasi Awal. Tidak ada  tanda-tanda atau gejala.

Tahap 2: dehidrasi taraf sedang. Gejala termasuk: haus, perilaku gelisah atau pemarah, penurunan elastisitas kulit dan mata cekung.

Tahap 3: Dehidrasi berat. Gejala termasuk: syok, kesadaran berkurang, berkurangnya cairan urine, dingin, ekstremitas lembab, denyut nadi cepat dan lemah, tekanan darah rendah atau tidak terdeteksi dan kulit pucat.

Bagaimana mengobati diare dan dehidrasi?

Penting untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare. Oralit dapat membantu. Oralit adalah campuran garam dan gula yang harus dilarutkan dalam air bersih. Suplemen zinc juga dapat membantu karena mereka dapat mengurangi 30%  tinja. Temui dokter Anda jika Anda khawatir.

Bagaimana melindungi diri dan keluarga dari diare ?

Gunakan hanya air yang aman. Semua air – apakah itu untuk minum atau memasak – perlu direbus selama satu menit untuk membunuh kuman berbahaya.

Menyiapkan makanan secara higienis. Cuci semua buah dan sayuran dengan air bersih. Pastikan semua mangkuk, piring dan peralatan dicuci dalam air mendidih.

Cuci tangan Anda secara teratur. Hal ini akan membantu untuk membunuh kuman berbahaya sebelum mereka dapat menyebar.

4 tips utama untuk mengatasi diare

  1. Mencuci tangan dengan benar. Sesuai dengan saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lamanya mencuci tangan harus selama menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ sebanyak 2x.
  2. Menjaga kebersihan. Mencuci secara teratur adalah pertahanan terbaik. Pastikan bahwa semua makanan, area persiapan makanan dan peralatan bersih.
  3. Hindari dehidrasi. Untuk menghindari kehilangan sejumlah cairan selama diare, pastikan Anda minum banyak cairan secara teratur.
  4. Carilah bantuan. Segera hubungi dokter Jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin parah.

Tags: , , , , , , , , , ,

About the Author

About the Author: .

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top